Selasa, 13 Desember 2011

laporan PENENTUAN BERAT VOLUME TANAH

JUDUL

PENENTUAN BERAT VOLUME TANAH

TUJUAN

Untuk mengetahui berat volume tanah
Untuk menentukan bulk density atau kerapatan lindak tanah

TEMPAT DAN WAKTU

Hari : Rabu
Tanggal : 13 Oktober 2010
Waktu : 12.00-14.00 WIB
Tempat : Laboratorium Ilmu Tanah

ALAT DAN BAHAN

Alat : - Ring
mistar
tissu
alat tulis

Bahan :
- Tanah

PRINSIP TEORI

Berat volume adalah menunjukkan perbandingan antara berat tanah kering dengan volume tanah termasuk volume pori pori tanah.
Bulk density = berat tanah kering/ volume tanah
BD merupakan petunjuk kepadatan tanah. Makin padat suatu tanah, makin tinggi bulk density yang berarti makin sulit meneruskan air akar tanaman. Pada umumnya BD berkisar dari 1,1-1,6 gr/cc.
Faktor yang Mempengaruhi Berat Isi (BI)
Struktur Tanah
Tanah yang mempunyai struktur yang mantap (lempeng) mempunyai (BI) yang lebih tinggi daripada tanah yang mempunyai struktur yang kurang mantap (remah)
PengolahanTanah
Jika suatu tanah sering diolah tanah tersebut memiliki berat isi yang tinggi daripada tanah yang dibiarkan saja, dan didalam pengolahan tanah yang baik akan meanghasilkan tanah yang baik pula.
Bahan Organik
Jika didalam tanah tersebut banyak ditemukan bahan organik tanah tersebut memiliki Berat Isi lebih banyak disbanding tanah yang tidak terdapat bahan organik. Jadi bahan organik sebanding lurus dengan bobot isi.
Agregasi Tanah
Agregasi merupakan proses pembentukan agregrat-agregrat tanah dengan terbentuknya agregat-agregat itu, tanah menjadi berpori-pori, sehingga tanah menjadi gembur, dapat menyimpan dan mengalirkan udara dan air. Agregat tanah memiliki ukuran yang lebih besar daripada partikel-partikel tanah.

CARA KERJA
Bersihkan ring.
Ukur diameter dan tinggi tabung untuk mencari volume tabung
Hitung Bulk density.

HASIL PENGAMATAN
Diketahui :
Diameter ring = 5cm
Tinggi ring = 5 cm
Ditanya :
Volume tabung dan menghitung Bulk Density
Penyelesaian :
Volume tabung =πr^2. t
= 3, 14 (2, 5)2. 5
= 3, 14 (6, 25) 5
= 98, 125 cm3
Bulk Density = perbandingan tanah kering open
Volume tanah
= 116, 1 gr
98, 125 cm3
= 1, 183 gr/ cm3

PEMBAHASAN
Bulk density merupakan petunjuk kepadatan tanah. Makin padat suatu tanah makin tinggi bulk density, yanag berarti makin sulit meneruskan air atau diteruskan akar tanaman. Pada umumnya bulk density berkisar dari 1,1 – 1.6 g/cc. beberapa jenis tanah mempunyai bulk density kurang dari 0,90 g/cc (misalnya tanah andisol), bahkan ada yang kurang dari 0,10 g/cc (misalnya tanah gambut).
Bulk density penting untuk menghitung kebutuhan pupuk atau air untuk tiap-tiap hektar tanah , yang didasarkan pada berat tanah per hektar. Besar kecinya bulk density suatu tanah tergantungpada struktur tanahnya juga, dan bahan yang menyusun tanah tersebut serta iklim yang membentuk tanah itu.

KESIMPULAN
Kerapatan lindak atau bulk density adalah bobot kering suatu isi tanah dalam keadaan utuh yang dinyatakan dalam g/cc. besar bulk density yang yang kami peroleh adalah 1,183 g/cc atau sesuai dengan kisaran dari literature.



DAFTAR PUSTAKA
Sukartono, Inkorena G.S. 2008. Penuntun Praktikum Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Fakultas Petanian Universitas Nasional.
SHardjowigeno, Prof.Dr.Ir.H.Sarwono, 1987, Ilmu Tanah Akademik Persindo ; Jakarta.
S.Pedro A., 1993. Sifat dan Pengelolaan Tanah, Tropika; Bandung
http;//www.ilmutanahl+bulkl+density.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar