Rabu, 17 Oktober 2012

EROSI
( PUPUK HIJAU DAN AGROFORESTRI )

NAMA   : PRASETYO SIAGIAN
NIM   : D1A009112 



žMetode Vegetatif
Metode vegetatif adalah penggunaan tanaman atau tumbuhan dan sisa-sisanya untuk mengurangi daya rusak  hujan yang jatuh, mengurangi jumlah dan daya rusak aliran permukaan dan  erosi. Dalam konservasi tanah dan air metode vegetatif mempunyai fungsi
(a) melindungi tanah terhadap daya perusak butir-  butir hujan yang jatuh,
(b) melindungi tanah, dan
(c) memperbiki kapasitas infiltrasi tanah dan penahanan air yang langsung mempengaruhi besarnya aliran permuka

Pupuk Hijauan.

Pupuk hijau adalah tanaman atau bagian tanaman yang muda (berwarna hijau) yang dibenamkan ke dalam tanah dengan maksud untuk menambah bahan organik, perbaikan struktur tanah dan unsur hara terutama nitrogen (N).
 

Jenis Pupuk Hijau
1.Golongan pupuk hijau penutup tanah
  Golongan ini umumnya berbatang lembek dan tumbuh menjalarFungsinya adalah sebagai tanaman penutup tanah (cover crop)
2.Golongan pupuk hijau yang tumbuh perdu
  Pupuk hujau yang tumbuh perdu dimaksudkan sebagai bahan yang akan dibenamkan ke dalam tanah dan juga sebagai pelindung sementara terhadap tanaman utama (budidaya)
3.Golongan pupuk hijau yang tumbuh tinggi
  Pupuk hijau ini umumnya berbentuk pohon yang tumbuh tinggi, bertajuk rindang dan digunakan sebagai pelindung tetap untuk tanaman perkebunan


Penggunaan pupuk hijau membuat tanah menjadi gembur sehingga mudah terjadi sirkulasi udara dan mudah ditembus perakaran tanaman. Untuk tanah yang bertekstur pasiran bahan organik akan meningkatkan pengikatan antar partikel tanah dan meningkatkan kemampuan mengikat air. 

Beberapa manfaat pupuk hijau:
Menutup tanah, melindungi tanah dari erosi dan membantu menahan air.Menambah kandungan bahan organik tanah sehingga membuat tanah lebih subur.
Setelah beberapa tahun menggunakan pupuk hijau, tanah jadi lebih mudah diolah.Tidak memerlukan biaya tenaga kerja atau biaya transpor karena tanaman pupuk hijau tumbuh di kebun di tempat mana ia dibutuhkan.Bila ditanam bersama tanaman lain, ia mengendalikan pertumbuhan gulma dan hama serangga.

AGROFORESTRI
Agroforestri merupakan suatu sistem yang mengkombinasikan antara komponen hutan dengan komponen pertanian. Sehingga akan dihasilkan suatu bentuk pelestarian alam yang dapat memberikan nilai ekonomi bagi pelakunya serta juga dapat digunakan untuk pelestarian alam.

Serap ulanghara: peningkatan jumlah serapan hara dari lapisan bawah oleh akar pepohonan yang menyebar cukup dalam. Akar pepohonan juga mengurangi jumlah kehilangan hara melalui erosi dengan jalan memperlambat laju aliran permukaan dan meningkatkan air infiltrasi karena adanya perbaikan porositas tanah.

Pengaruh tutupan pohon pada agroforestri terhadap aliran air adalah dalam bentuk:
Intersepsi air hujan.
  Selama  kejadian hujan, tajuk pohon dapat mengintersepsi  dan menyimpan sejumlah air hujan dalam bentuk lapisan tipis air(waterfilm) pada permukaan daun dan batang yang selanjutnya akan mengalami evaporasi sebelum jatuh ke tanah.


Daya pukul air hujan.
Vegetasi dan lapisan seresah melindungi permukaan tanah dari pukulan langsung tetesan air hujan yang dapat menghancurkan agregat tanah, sehingga terjadi pemadatan tanah.
Infiltrasi air.
 Proses infiltrasi tergantung pada struktur tanah pada lapisan permukaan dan berbagai lapisan dalam profil tanah. Struktur tanah juga dipengaruhi oleh aktivitas biota yang sumber energinya tergantung kepada bahan organik(seresah di permukaan, eksudasi organik oleh akar,dan akar-akar yang mati). Ketersediaan makanan bagi biota (terutama cacing tanah), penting  untuk mengantisipasi adanya proses peluruhan dan penyumbatan pori makro tanah.


Drainase lansekap.
 Besarnya drainase suatu lansekap (bentang lahan) dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kekasaran permukaan tanah, relief  permukaan tanah  yang memungkinkan air tinggal di permukaan tanah lebih lama sehingga mendorong terjadinya infiltrasi, tipe saluran yang terbentuk akibat aliran permukaan yang dapat memicu terjadinyaaliran cepat air tanah’ (quick flow).
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar